Saturday, February 6, 2010

Daun Salam (1)

Turunkan Kadar Kolesterol

Saat ini kita sering mendengar kata atau sebutan kolesterol jahat. Apa sebenarnya kolesterol itu? Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak. Seperti ketahui,lemak merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan tubuh disamping zat gizi lain seperti karbohidrat,protein,vitamin dan mineral.
Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi,sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita,terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.
Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Tetapi bila kolesterol dalam tubuh berlebih akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis,yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh dara. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Kolesterol yang kita butuhkan secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi jika tidak terkendali,ia bisa meningkat jumlah nya karena makanan ekstren yang berasal dari lemak hewani,telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junk food). Karenanya kolesterol perlu dikendalikan.
Unsur-unsur lemak dalam darah terdiri dari kolesterol,trigliserida,fosfolipid dan asam lemak bebas. Hanya seperempat dari kolesterol yang terkandung dalam darah berasal langsung dari saluran pencernaan yang diserap dari makanan,sisanya merupakan hasil produksi tubuh sendiri oleh sel-sel hati.
Daun salam mengandung bahan kimia seperti minyak atsiri,tanin dan flavonoida. Kandungan bahan kimia daun salam dapat membantu menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.
Untuk pengobatan kolesterol tinggo,.dapat menggunakan daun salam dengan cara :
sediakan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai,lalu direbus dengan 600 cc air mendidih hingga tersisa 300 cc. Selanjutnya air rebusan daun salam diminum secara teratur. Bisa juga daun salam dicampurkan sebagai penyedap masakan.

1 comment: