Thursday, October 16, 2014

Beras Merah Untuk Kecantikan Kulit



Beras merah yang kita kenal sebagai salah satu sumber karbohidrat berserat tinggi disamping bisa dikonsumsi sebagai sumber pangan ternyata juga memiliki khasiat yang hebat untuk perawatan kulit tubuh.
Hal ini dikarenakan beras merah

1.Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
Beras merah merupakan sumber yang baik untuk zat besi atau mangan. Mangan, yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh merupakan komponen penting dari enzim dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang umumnya terbentuk saat energi diproduksi. Selain itu, beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan zat besi atau mangan, zinc juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh.

2. Mengandung Vitamin B6
Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah saja, dapat memenuhi 23 persen dari vitamin B6, jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.

Kedua khasiat pada beras merah ini lah yang menjadikannya memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit. Beras merah yang di ramu menjadi lulur badan (scrub badan) akan sangat baik untuk mengangkat jaringan sel mati yang ada dipermukaan kulit, kandungan anti oksidan yang dikandungnya juga akan membentengi kulit dari radikal-radikal bebas yang merusak kulit kita.
Demikian pula penggunaan masker badan beras merah maupun sabun mandi dari beras merah, akan bermanfaat memberikan nustrisi kulit berupa vitamin B6, sehingga akan membantu regenerasi jaringan sel kulit mati lebih cepat dan lebih baik .

3 comments: