Sunday, May 29, 2011

Kencur,Bantu usir Mata Pegal

Dalam pengobatan herbal,kencur cukup diminati dan digemari masyarakat. Sebab tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Bukan itu saja,aromanya yang khas juga bisa membantu meningkatkan semangat makan,sehingga sering dijadikan ramuan penambah nafsu makan.
Sebagai tanaman bumbu,kencur atau yang bernama latin kaempferia galanga L memang tidak asing lagi bagi kaum ibu. Bahkan sejumlah masakan nusantara tidak terasa nikmat jika tidak menggunakan bahan bumbu yang satu ini. Sehingga tanaman kencur mudah dijumpai dimana-mana. Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daera dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Tanaman jenis empon-empon atau tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan.
Secara fisik,kencur memiliki jumlah helaian daun tidak lebih dari 2-3 lembar jarang yang 5 helai dengan susunan berhadapan,tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah 4-12 buah. Bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih. Kencur memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh,ini dikarenan kencur mengandung minyak atsiri,asam cinnamic,paraeumarin dan alkaloid.
Ada tips mengusir mata pegal karena kelelahan dengan memanfaatkan kencur. Ambil saja 1 potong rimpang kencur yang masih segar,kemudian dibelah menjadi 2 bagian. Cara menggunakannya ,permukaan kencur yang masih basah dipakai untuk menggosok dan mengusap pelupuk mata. Namun hendaknya mengusapkannya dilakukan secara hati-hati.

No comments:

Post a Comment