Sunday, July 3, 2011

Belimbing Wuluh,Bantu Usir Sakit Gigi

Belimbing wuluh atau yang bernama latin Averrhoa Bilimbi merupakan jenis tanaman buah sayur. Buahnya yang berasa asam,mungil dan kecil-kecil ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Bahkan,buah yang berasa asam dan kaya khasiat ini sering dimanfaatkan sebagai sayuran atau campuran jamu.
Tanaman belimbing wuluh diduga berasal dari kepulauan Maluku. Kini tanaman ini sudah tersebar ke seluruh Indonesia dan negara-negara sekitar seperti Filipina,Myanmar,dan Srilanka. Apalagi,penanaman dan perawatan tanaman belimbing wuluh tidak sulit.
Karena populernya belimbing wuluh,sehingga berbagai daerah mempunyai sebutan sendiri-sendiri. Belimbing wuluh di Aceh disebut limeng,selemeng (Gayo),asom belimbing dan Balimbingan (Batak),malimbi (nias),Baliembieng (Minangkabau),belimbing asam (Melayu),balimbing (lampung),calincing wulet (Sunda).

Sedangkan di Madura disebut Bhalingbhing bulu,blimbing buloh (bali),limbi (Bima),balimbeng (Flores),belerang (sangi) lumpias dan rumpease dureng,wulidan,lopias,lembetue (Gorontalo),bainang (Makassar),calene (bugis),takurela (ambon) dan Malibi (halmahera).
Sifat dan efek farmakologis rasa asam belimbing wuluh dapat menghilangkan rasa sakit,anti radang. Kandungan kimia dalam belimbing wuluh antara lain saponin,tanin,glucoside,dan kalsium oksalat.
Selain itu ada sulfur,asam format dan peroksidase yang terkandung pada batang belimbing wuluh. Juga tanin,sulfur,asam sulfat,peroksidase,kalsium oksalat dan kalium sitrat pada daunnya. Sedangkan buah belimbing wuluh berkhasiat sebagai analgesik dan diuretik.
Ada tips mengusir sakit gigi dengan buah belimbing wuluh.
Ambil 5 buah belimbing wuluh, segar dan cuci sampai bersih. Lalu potong-potong secukupnya. Cara menggunakannya,belimbing wuluh dikunyah dengan garam. Ulangi sampai beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya. Atau diparut dan airnya dijadikan bahan kumur.

2 comments: