Sunday, July 24, 2011

Bantu Turunkan Tekanan darah

Dalam pengobatan herbal,buah belimbing wuluh cukup populer karena diyakini banyak khasiatnya. Warisan pengobatan secara turun temurun itu tersebar luas. Penggunaan buah belimbing wuluh cukup populer karena diyakini banyak khasiatnya. Warisan pengobatan secara turun temurun itu tersebar luas.
Penggunaan buah belimbing wuluh juga dilakukan kalangan rumah tangga dalam masak memasak,terutama untuk sayur asam.
Sebagai buah yang berasa masam,belimbing wuluh menjadi bahan bumbu alami di dapur. Namun penggunaan belimbing wuluh tentu punya alasan tersendiri. Karena itu,pemanfaatan buah belimbing wuluh masih sangat terbatas di dunia masak memasak dan pengobatan herbal.
Padahal jika ditelusuri melalui kajian ilmiah,terutama mengintip kandungan senyawa yang ada dalam buah bernama latin Averhoa bilimbi ini L ini,mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Karena itu,perlu penelitian buah asam ini lebih lanjut agar bisa dimanfaatkan optimal.
Apalagi,tumbuhan ini mudah dikembangbiakan. Tanaman berkayu keras ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya. Buah yang memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu yang terasa segar dan asam saat dikonsumsi.
Karena pemanfaatan buah belimbing wuluh belum optimal,menjadikan tanaman ini tumbuh tidak teratur. Bahkan seringkali buahnya dibiarkan saja di pohon sampai masak dan berjatuhan sendiri. Seringkali pula tanaman ini hanya menjadi hiasan halaman rumah.

Ada tips membantu menurunkan tekanan darah tinggi menggunakan belimbing wuluh. Caranya ambil 3 buah belimbing wuluh segar dan cuci bersih. Lalu buah dipotong-potong secukupnya. Pemanfaatannya belimbing dikonsumsi atau dibuat jus. Lakukan secara rutin.

1 comment: