Tuesday, July 19, 2011

Hilangkan Jerawat, Cegah Infeksi

Rasanya asam dan aromanya cukup khas. Itulah belimbing wuluh. tanaman jenis kayu keras ini mempunyai buah cukup banyak di batangnyab saat musim berbuah. Namun belimbing wuluh ini jarang dikonsumsi langsung sebagai buah pencuci mulut karena rasanya terlalu tajam.
Belimbing wuluh yang bernama latin Averrhoa Bilimbi memang termasuk tanaman jenis buah,namun bukan buah konsumsi. Biasanya buah belimbing wuluh dimanfaatkan masyarakat sebagai bumbu bahan tambahan masakan sayuran,atau pengobatan herbal. Buah Belimbing wuluh berupa buni berbentuk lonjor bersegi,dengan panjang 4-6 cm. Buah berwarna hijau kekuningan,berair dan jika masak berasa asam. Buah nya terbentuk dari bunga berbentuk kepel,tumbuh keluar dari batang atau percabangan besar.
Sedangkan daun belimbing wuluh merupakan daun majemuk sepanjang 30-60 cm 11-45 pasang anak daun. Anak daun berwarna hijau,bertangkai pendek,berbentuk bulat telur hingga jorong dengan ujung agak runcing,pangkal membulat,tepi daun rata,panjang 2-10 cm,lebar 1-3 cm. Karena banyak dimanfaatkan untuk bahan tambahan masakan sayuran,buah ini pun sering disebut belimbing sayur. Ciri-ciri pohon belimbing wuluh,yakni kecil,dengan tinggi sekita10 m dan diameter pangkal batang mencapai 30 cm. Batangnya bergelombang dan tidak rata.
Belimbing biasanya dimanfaatkan untuk membantu mengurangi gangguan kesehatan,seperti jerawat. Hal ini disebabkan buah belimbing wuluh mengandung sejumlah zat berkhasiat. Kandungan kimia belimbing wuluh antara lain saponin,sulfur,asam folat,perosidase,kalsium oksalat,kalium sitrat. Perasan belimbing wuluh mengandung antiseptik yang mampu membantu mencegah infeksi pada tenggorokan atau faringitis.
Ada tips menghilangkan jerawat dengan buah belimbing wuluh. Sediakan saja buah belimbing wuluh segar secukupnya kemudian cuci bersih. Lalu tumbuk sampai halus dan dicampur garam secukupnya. Cara memanfaatkannya dioleskan pada jerawat untuk bahan pipih.

1 comment: